Cara Mengingat Lebih Banyak dan Lebih Cepat Daripada Orang Lain

Orang-orang suabercanda bahwa satu-satunya hal yang benar-benar Anda “pelajari” di sekolah adalah cara menghafal. Ternyata, itu tidak berlaku untuk kebanyakan dari kita. Jika Anda berkeliling ruangan dan bertanya pada beberapa orang bagaimana cara menghafal sesuatu dengan cepat dan bagaimana mengingat sesuatu, kebanyakan dari mereka mungkin akan memberi tahu Anda pengulangan.
Itu sangat jauh dari kebenaran, itu berjalan untuk kantor. Jika Anda ingin menghafal sesuatu dengan cepat dan menyeluruh, pengulangan tidak akan memotongnya; Namun, mengingat sesuatu akan. Masalahnya adalah mengingat sesuatu membutuhkan pembelajaran dan kita semua belajar dengan cara yang berbeda.
Jadi bagaimana cara menghafal lebih banyak dan lebih cepat daripada yang lain?
Dalam artikel ini, Anda akan belajar cara menguasai seni mengingat sehingga Anda dapat mulai menghafal satu ton data dalam waktu singkat.

Sebelum Anda Mulai, Ketahui Gaya Belajar Anda

Sebelum kita mulai, Anda perlu membangun sesuatu: apakah Anda seorang yang belajar auditori, visual, atau pengalaman?
Jika Anda seorang pembelajar auditori, maka cara paling efektif bagi Anda untuk memahami informasi adalah dengan mendengarkannya. Seperti yang dapat Anda bayangkan, pelajar visual menyukai melihat sesuatu untuk mempelajarinya. Jenis pembelajaran eksperimental lebih mirip dengan belajar dari peristiwa dan pengalaman (atau, melakukan sesuatu dengan materi).
Temukan gaya belajar Anda di sini: Ada 7 Jenis Pembelajar: Yang Mana Anda?
Sebagian besar dari kita adalah kombinasi dari setidaknya dua kategori ini tetapi saya akan menunjukkan langkah mana yang paling cocok untuk gaya belajar Anda yang paling menyenangkan sehingga Anda dapat mulai menghafal hal-hal dengan cepat dan efisien.

Langkah 1: Persiapan

Untuk mengoptimalkan sesi menghafal Anda, perhatikan lingkungan mana yang Anda pilih. Bagi kebanyakan orang, ini berarti memilih area dengan sedikit gangguan, meskipun beberapa orang berhasil belajar di area publik. Cari tahu apa yang paling kondusif untuk pembelajaran Anda sehingga Anda bisa memulai.
Selanjutnya, mulailah minum teh. Saya bisa menghubungkan Anda dengan gundukan studi ilmiah yang mengkonfirmasi teh hijau sebagai katalis alami untuk meningkatkan daya ingat. Secara mekanis, kemampuan kita untuk mengingat informasi berasal dari kekuatan antara neuron dalam pikiran kita, yang dihubungkan oleh sinapsis. Semakin Anda menjalankan sinaps (pengulangan), semakin kuat itu, menghasilkan kemampuan untuk menghafal.
Seiring bertambahnya usia, bahan kimia beracun akan merusak neuron dan sinapsis kita, yang menyebabkan hilangnya ingatan dan bahkan Alzheimer. Teh hijau mengandung senyawa yang menghambat toksisitas ini dan membuat sel-sel otak Anda bekerja lebih lama.

Langkah 2: Catat Apa yang Anda Hafalkan

Ini sangat berguna jika Anda mencoba menghafal informasi dari kuliah. Gunakan tape recorder untuk melacak semua fakta yang diperoleh diucapkan dan dengarkan itu.
Jika Anda mencoba untuk menghafal pidato, catat diri Anda membaca pidato dengan keras dan dengarkan diri Anda berbicara. Jelas, ini sangat membantu bagi peserta didik pendengaran, tetapi juga berguna karena memastikan Anda mendapatkan lebih banyak konteks dari kuliah yang akan membantu Anda mempelajari informasi lebih cepat.

Langkah 3: Tulis Semuanya

Sebelum Anda mulai mencoba mengingat semuanya dari memori, tulis dan tulis ulang informasinya. Ini akan membantu Anda menjadi lebih akrab dengan apa yang Anda coba hafalkan.
Melakukan ini sambil mendengarkan tape recorder Anda juga dapat membantu Anda menyimpan banyak data. Ini paling berguna untuk pelajar yang berpengalaman.

Langkah 4: Bagian Catatan Anda

Sekarang setelah semuanya ditulis dalam satu set catatan, pisahkan menjadi beberapa bagian. Ini sangat ideal untuk pelajar visual, terutama jika Anda menggunakan kode warna untuk membedakan antara mata pelajaran.
Ini akan membantu Anda memecah segalanya dan mulai mengumpulkan informasi yang sedang direkam di otak Anda.

Langkah 5: Terapkan Pengulangan untuk Menghafal Kumulatif

Untuk setiap baris teks, ulangi beberapa kali dan coba untuk mengingatnya tanpa melihat. Saat Anda menghafal setiap rangkaian teks, kumulatif dengan menambahkan informasi baru ke apa yang baru saja Anda pelajari. Ini akan membuat segalanya dalam memori jangka pendek Anda tidak memudar.
Bagaimana ini bekerja? Ini sebenarnya terkait dengan dua mode fungsi otak yang berbeda: Sistem 1 dan Sistem 2. Anda sebaiknya melihat bagaimana sistem ini bekerja jika Anda ingin meningkatkan daya ingat Anda.
Terus lakukan ini sampai Anda hafal bagian itu dan Anda dapat mengingat semuanya. Jangan pindah ke bagian lain sampai Anda telah menghafalnya sepenuhnya.
Ini sebagian besar pembelajaran visual tetapi jika Anda berbicara keras, maka Anda juga menerapkan pendengaran.

Langkah 6: Tuliskan dari Memori

Sekarang Anda dapat mengingat seluruh bagian, tulis semuanya dari memori. Ini akan memperkuat semua yang baru saja Anda pelajari dengan menerapkannya secara pengalaman.

Langkah 7: Ajarkan ke Seseorang (Atau Diri Sendiri)

Metode yang paling efektif bagi saya ketika saya di sekolah adalah untuk mengajarkan informasi kepada orang lain. Anda dapat melakukan ini dengan berbagai cara. Anda dapat memberi kuliah pengetahuan kepada seseorang yang duduk tepat di depan Anda (atau cermin, jika Anda tidak dapat meyakinkan siapa pun untuk duduk melewatinya) dan menjelaskan semuanya tanpa persiapan.
Jika apa yang telah Anda pelajari perlu dilafalkan secara verbal, maka lakukan ini di depan seseorang juga untuk mengetahui bagaimana rasanya melafalkan teks kepada audiens yang dituju.
Metode favorit saya untuk ini adalah membuat tes untuk orang lain. Ambil informasi dan prediksi pertanyaan apa yang akan muncul dari mereka. Gunakan beberapa pilihan, pencocokan, dan sebagainya untuk menyajikan data dalam format uji dan lihat bagaimana orang lain melakukannya.
Semua ini adalah pengalaman belajar karena Anda benar-benar berlatih dan memanipulasi konsep yang telah Anda pelajari.

Langkah 8: Dengarkan Rekaman Terus-Menerus

Saat melakukan tugas yang tidak berhubungan seperti mencuci atau menyetir, periksa kembali informasinya dengan mendengarkan rekaman kaset Anda. Ini tentu saja pembelajaran pendengaran tetapi masih akan menambah semua yang telah Anda masukkan ke dalam memori jangka pendek Anda.

Langkah 9: Istirahat

Akhirnya, biarkan pikiran Anda bernafas. Pergi untuk waktu yang singkat tanpa memikirkan apa yang baru saja Anda pelajari dan kembali lagi nanti.
Anda akan menemukan apa yang benar-benar Anda ketahui dan ini akan membantu Anda fokus pada bagian-bagian yang Anda paling lemah.
Coba langkah-langkah ini sekarang dan Anda akan lebih mudah mengingat hal-hal mengingat dan Anda akan menghafal lebih banyak hal daripada banyak orang lain!

Teknik Bonus untuk Meningkatkan Otak Anda

Sekarang Anda sudah tahu langkah-langkah yang harus diambil untuk menghafal lebih banyak dan lebih cepat daripada orang lain. Bagaimana jika saya katakan ada satu teknik bonus yang akan meningkatkan kekuatan otak Anda, meningkatkan memori dan menjadi 10x lebih pintar?
Iya! Lihatlah teknik luar biasa ini untuk meningkatkan kekuatan otak Anda!

Comments